Pendaftaran Wisuda Bulan Juli
(Masih Belum Dibuka Saat Ini)
WISUDA UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
PESERTA WISUDA REGULER
WAITINGLIST
LEBIH JELASNYA INI DIA ALUR PENDAFTARAN WISUDA
GRUP TELEGRAM
Peserta Wisuda Universitas Amikom Yogyakarta
Silahkan gabung ke grup wisuda demi kelancaran tahapan proses pendaftaran
LINK PENTING
Setelah Melakukan Pendaftaran Wisuda di Menu Wisuda tunggu 2×24 jam di hari kerja untuk memperoleh approval pada masing masing bagian.
Setelah UPT, RC, BPC & DPK checklist Hijau selanjutnya bisa Download Form Berkas Wisuda
Pendaftaran Wisuda Melalui Dashboard Mahasiswa Hanya Untuk yang sudah Lulus Yudisium Final
PANDUAN PENDAFTARAN WISUDA
1
login pada dashboard mahasiswa dengan link auth.amikom.ac.id
2
Pilih menu Wisuda > Pendaftaran.
3
Mengisi Data Calon Wisudawan.
Pengisian data hanya bisa dilakukan satu kali dan tidak bisa di edit. pastikan data sudah benar sebelum di submit
4
Upload Foto dan Lengkapi Persyaratan Mendapatkan Approval.
Jika Gagal Upload Foto
Pastikan Resolusi Foto 340 x 400 px, Size Max 1 Mb, Format JPG, Upload dengan Browser Google Chrome dan Sistem Operasi Windows
PANDUAN APPROVAL WISUDA
Jika Sudah Mendapatkan Approval / Ceklist Hijau Semua Berarti Sudah Terdaftar Sebagai Peserta Wisuda
“Proses Approval Dilakukan Secara Manual Dengan Cek Data Pendaftar Satu Persatu”
TANGGAL PENTING
8 Maret 2023 | 09.00 WIB
Sosialisasi Wisuda
13 – 18 Maret | 14.00 WIB
Pendaftaran Wisuda Tahap 1 (Yudisium Februari – )
13 – 20 Maret | 12.00 WIB
Penyerahan Berkas Tahap 1 (bit.ly/wisudaamikom)
27 – 29 Maret | 14.00 WIB
Pendaftaran Wisuda Tahap 2 (Yudisium Maret)
27 – 30 Maret | 12.00 WIB
Penyerahan Berkas Tahap 2 (bit.ly/wisudaamikom)
15 – 22 Mei 2023
Acara Career Days (offline)
23 Mei 2023
Pelepasan Wisuda (Farewell Party & Pembagian Kartu Kejala)
24 Mei | 08.00 WIB
Pengambilan Toga
26 Mei | 13.00 WIB
Gladi Resik Wisuda (Grand Pacific Convention Hall)
27 Mei | 07.00 WIB
Prosesi Wisuda (Grand Pacific Convention Hall)
“Terdapat rangkaian kegiatan CAREER DAYS yang diselenggarakan oleh BPC meliputi Seminar Karir, Ultimate Career Class, Mini Job Fair dan Pelepasan Wisuda. Detail infomasi menyusul digrup telegram
Follow Instagram
Q&A Seputar Wisuda Univeritas Amikom Yogyakarta
WAJIB UNTUK DIKETAHUI
FAQ Seputar Wisuda
Pelaksanaan Wisuda dilaksanan Secara OFFLINE di Grand Pacific Convention Hall
Pendaftaran Wisuda Bersifat Wajib Sebagai Prasyarat Untuk Mengambil Ijazah.
Data judul TA / Skripsi yang ada di form wisuda bukan data update terbaru. untuk judul terupdate yang akan tampil diijazah berdasarkan ada di SKL. Untuk melihat SKL bisa menghubungi DAAK.
Ijazah yang di keluarkan perguruan tinggi termasuk Amikom berdasarkan data yang terdapat di IJAZAH SMA
Toga Wisuda merupakan Baju Kebesaran jadi secara size juga di buat over. berikut ini ukuran standard toga wisuda amikom
Setiap Wisudawan akan mendapatkan satu E-Invitation (undangan pendamping wisuda) yang berlaku untuk dua orang yaitu Kedua Orang Tua atau Wali.
Untuk Pelaksanaan Wisuda Offline Wajib Untuk Membayar wisuda karena menjadi prasyarat untuk mendapatkan approval dari bagain DPK (Keuangan)
Pembayaran biaya wisuda bisa melalui Teller Bank, Internet Banking dan Mobile Banking dan WAJIB menggunakan VIRTUAL ACCOUNT yang terdapat di aplikasi amikom one atau Dashboard Mahasiswa
Ketika seorang mahasiswa belum lulus yudisium dan belum masuk periode pendaftaran Wisuda tetapi sudah terjadi pergantian semester maka status mahasiswa menjadi Nonaktif. Jika Nonktif maka tidak bisa mendaftar Wisuda. (Karena tinggal yudisum untuk mengkatifkan status mahasiswa tidak perlu membayar SPP cukup membayar biaya Her Registrasi)
Selama bisa melakukan pendaftaran wisuda maka tidak perlu membayar biaya her registrasi wisuda
Untuk saat ini belum bisa mendaftar karena syarat mendaftar wisuda adalah Lulus Yudisium Final (Tahap 2).
Sambil menunggu pengumuman Yudsium ada beberapa hal yang bisa dilakukan lebih awal
Bagi calon wisudawan yang tidak bisa menghadiri ceremonial wisuda secara offline mungkin sudah bekerja di luar daerah atau ada kendala lainya
Pada saat diminta untuk melakukan pengisian data alamat lengkap baik bisa diisi dengan alamat sesuai KTP atau KK
Acara prosesi wisuda dimulai jam 07.00 WIB. Panita tidak akan menunggu peserta yang terlambat hadir, jadi pastikan untuk hadir secara ontime.
Acara careerdays sangat dianjutrkan untuk diikuti terutama bagi calon wisudawan yang belum bekerja.
FAQ E-Invitation
Bagi peserta wisuda yeng menginginkan e-invitation tambahan karena jumlah pendamping untuk ingin mengikuti lebih dari 2 orang maka kami berikan kesempatan untuk melakukan pembelian undangan tambahan tersebut adapun ketentuanya sebagai berikut:
Informasi Order dapat mengubungi
E-Invitation merupakan undangan barcode unik yang digunakan oleh pendamping wisuda (orangtua atau wali) untuk measuki ruangan wisuda. Undangan ini wajib untuk dibawa sebagai tiket untuk discan dan diperkenankan masuk ke ruangan ceremonial wisuda. Semua peserta wisuda periode 84 mendapatkan E-Invitation berlaku untuk 2 orang (orang tua atau wali) yang sudah include biaya wisuda.
Setiap Wisudawan akan mendapatkan satu E-Invitation (undangan pendamping wisuda) yang berlaku untuk dua orang yaitu Kedua Orang Tua atau Wali.
Alur Orang Tua / Wali Wisudawan
Untuk vaksin terkait dengan calon wisudawan maupun orang tua atau wali wisuda diusahakan sudah vaksin dosis ke 3, jika memang tidak bisa vaksin, maka harus menyertakan surat keterangan dari dokter.
E-Invitation atau undnagan pendamping wisuda baik reguler akan di bagikan melalui email student bersamaan dengan jadwal pembagian toga.
sedangkan untuk undangan tambahan akan dikirimkan pada saat gladi resik wisuda.
FAQ Pengambilan Toga
Pengambilan Toga Wisuda Periode 86 dilaksanakan pada hari Rabu 24 Mei 2023 di Ruang Citra 2
Jadwal 09.00 – 12.00 WIB
– S2 Pascasarjana
– Fakultas Ilmu Komputer
– Fakultas Sains & Teknologi
– Fakultas Ekonomi & Sosial
Jika pada jadwal pengambilan toga tidak bisa datang untuk mengambil maka bisa diwakilkan dengan menunjukan surat kuasa
Jika tidak bisa mengambil toga pada jadwal yang telah ditentukan alternatifnya yaitu
Untuk set toga sudah masuk kedalam biaya wisuda jadi menjadi hak milik dari peserta wisuda. yang akan didapatkan pada saat pembagian meliputi
FAQ Gladi Resik & Prosesi Wisuda
Gladi Resik merupakan acara persiapan, penjelasan dan simulasi wisuda agar prosesi hari H dapat berjalan dengan lancar. semua peserta sebaiknya datang (wajib) agar tidak bingung saat nanti acara hari H (Seperti mengetahui lokasi Blok dan Tempat dukuk, juga urutan baris)
Jadwal Gladi Resik
Jum’at. 26 Mei 2022 pukul 13.00 WIB di Grand Pacific Convention Hall
Jalan Magelang KM. 4,5 (Depan TVRI)
Estimasi Waktu Gladi Resik : 13.00 WIB – 16.00 WIB
Prosesi Wisuda Periode 86 akan dilaksanakan pada hari Sabtu 27 Mei 2023 di Grand Pacific Convention Hall. Jalan Magelang KM. 4,5 (Depan TVRI)
Acara Prosesi Wisuda akan dimulai Pukul 07.00 WIB. sebelum mulai peserta akan dibariskan tersebih dahulu kemudian akan memasuki ruangan wisuda secara bersamaan. Tidak ada toleransi ketrelambatan atau pengulangan dalam rundowan acara, bagi yang terlambat akan ditinggal.
Dibawah ini Contoh video prosesi masuk keruangan
Persiapan yang harus dulakukan oleh peserta wisuda
Ketentuan Dresscode Prosesi Wisuda
Informasi Berkaitan dengan E-Invitation
Alur Orang Tua / Wali Wisudawan
Prosesi wisuda akan selesai antara pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB tergantung banyaknya peserta yang melakukan prosesi wisuda
Karena masih situasi pandemi maka lokasi akan disterilisasikan dan tidak ada ruang tunggu di luar lokasi. yang diperkenankan memasuki area hanya peserta wisuda dan 2 orang tua atau wali.
Bagi peserta wisuda yang tidak bisa mengikuti prosesi wisuda (dipastikan tidak hadir) bisa mengisi link ijin berikut ini (mulai dibuka H-1 Wisuda)
FAQ Pendaftaran & Approval
Terdapat Dua Kemungkinan Kenapa Belum Bisa Mendaftar Wisuda di Menu Dashboard
Proses Aproval dilakukan manual oleh panitia wisuda dibagian tersebut dengan mengecek satu persatu data. Tunggu maksimal 2×24 jam di hari dan jam kerja. Jika masih belum mendapatkan approval bisa menghubungi Hotline pada bagian terkait
Bagi calon wisudawan yang sebelumnya pernah mendaftar akun career.amikom.ac.id, berikut ini ada beberapa ketentuan
Ketentuan Foto yang di upload pada waktu wisuda sama dengan ketentuan foto yang di upload pada waktu Yudisium.
Bisa ditempelkan Foto Secara Manual Pada Berkas Kemudian di Scan Berkasnya, jangan lupa tandatangan di atas materai ya.
Pengisian data hanya bisa dilakukan satu kali dan tidak bisa di edit. pastikan data sudah benar sebelum di submit sebelum di submit
FAQ IJAZAH
Pengumuman resmi jadwal pembagian ijazah melalui web daak.amikom.ac.id (Ijazah diluar wewenang panitia wisuda)
Informasi yang tepat dan akurat untuk pembagian ijazah bisa menghubungi Hotline ijazah DAAK atau bisa melalui Channel Telegram Yudisium.
Bisa di wakilkan dengan surat kuasa atau bisa mengambil di luar jadwal langsung di DAAK
Kalau lewat 3 hari dari jadwal pengambilan ijazah, maka ijazah tetap bisa di ambil tapi nanti misal di ijazah ada kesalahan tidak bisa dicetakan yg baru. Cuman dapat surat ralat saja.
Pembagian ijazah berdasarkan periode yudisium bukan periode wisuda.
Cek di website DAAK.
Karena waktu jadi mahasiswa belum melengkapi misal data profil dll (ini salah satu penyebab Kenapa ijazah prosesnya menjadi lama. Ketika ada salah satu yg kurang maka akan menghambat keseluruhan di periode yudisium tersebut)
Cukup membawa diri dalam keadaan sehat lahir dan batin.
Jika ada kelangkapan yang belum diambil sesuai jadwal bagaimana?
Untuk kelengkapan seperti Toga, Kartu Kejala, Name Tag pengabilan bisa diwakilkan atau di ambil pada waktu gladi resik.
Bagi yang ijin tidak ikut prosesi pengambilan bisa sekalian dengan jadwal pengambilan toga (toga di kerumahtanggan, Kartu Kejala di ruang kejala)
Pengumuman resmi jadwal pembagian ijazah melalui web daak.amikom.ac.id Informasi yang tepat dan akurat untuk pembagian ijazah bisa menghubungi Hotline ijazah DAAK atau bisa melalui Channel Telegram Yudisium.