PERIODE 87

Wisuda Universitas Amikom Yogyakarta

Pendaftaran Wisuda Bulan Juli
(Masih Belum Dibuka Saat Ini)

WISUDA UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

PESERTA WISUDA REGULER

  • Untuk Mahasiswa yang lulus yudisium final 
  • Mendaftar Sebagai Peserta Wisuda pada dashboard mahasiswa
  • Melengkapi Approval Pada Menu Wisuda di Dashboard Mahasiswa
  • Mengikuti Rangkaian Agenda Wisuda
  • Mengambil Ijazah
  • BERSIFAT WAJIB

WAITINGLIST

  • Waitinglist adalah wisudawan-wisudawati yang sudah mendaftar di wisuda
    online dari periode 74 – 82 (sudah mendapatkan ijazah)
  • Penentuan peserta lolos waitinglist akan dihubungi pihak panitia, berdasarkan jumlah peserta wisuda regular.
  • Khusus Bagi calon wisudawan dan wisudawati yang berasal dari peserta wisuda periode sebelumnya kemudian mendaftar pada prosesi wisuda periode ini, silahkan untuk mengisi formulir Waiting List di http://bit.ly/POwisuda (TIDAK
    MENDAFTAR DI DASHBOARD MAHASISWA)
  • Prosesi untuk wisudawan cumlaude, akan mendapatkan slempang cumlaude akan tetapi untuk prosesi akan berlangsung seperti Wisudawan regular.
  • Tanggal Pengumuman peserta wisuda waiting list menyusul.
  • Bagi yang dinyatakan lolos membayar biaya wisuda

LEBIH JELASNYA INI DIA ALUR PENDAFTARAN WISUDA

GRUP TELEGRAM
Peserta Wisuda Universitas Amikom Yogyakarta
Silahkan gabung ke grup wisuda demi kelancaran tahapan proses pendaftaran

Link Ada dibagian atas

LINK PENTING

Setelah Melakukan Pendaftaran Wisuda di Menu Wisuda tunggu 2×24 jam di hari kerja untuk memperoleh approval pada masing masing bagian.

  • UPT > Bebas Peminjaman Alat (Otomatis)
  • BPC > Daftar career.amikom.ac.id (daftar career, isi survey alumni)
  • RC > Bebas Pustaka + Buku (Ikuti Panduan Bebas Pustaka)
  • DPK > Lunas Semua Biaya Kuliah (Otomatis)

Setelah UPT, RC, BPC & DPK checklist Hijau selanjutnya bisa Download Form Berkas Wisuda

  • DAAK > Mengumpulkan Form Berkas Wisuda

Pendaftaran Wisuda Melalui Dashboard Mahasiswa Hanya Untuk yang sudah Lulus Yudisium Final

PANDUAN PENDAFTARAN WISUDA

1

login pada dashboard mahasiswa dengan link auth.amikom.ac.id

 

2

Pilih menu Wisuda > Pendaftaran.

3

Mengisi Data Calon Wisudawan.
Pengisian data hanya bisa dilakukan satu kali dan tidak bisa di edit. pastikan data sudah benar sebelum di submit

4

Upload Foto dan Lengkapi Persyaratan Mendapatkan Approval.

Jika Gagal Upload Foto
Pastikan Resolusi Foto 340 x 400 px, Size Max 1 Mb, Format JPG, Upload dengan Browser Google Chrome dan Sistem Operasi Windows

PANDUAN APPROVAL WISUDA

“Proses Approval Dilakukan Secara Manual Dengan Cek Data Pendaftar Satu Persatu”

TANGGAL PENTING

8 Maret 2023 | 09.00 WIB
Sosialisasi Wisuda

13 – 18 Maret | 14.00 WIB
Pendaftaran Wisuda Tahap 1 (Yudisium Februari – )

13 – 20 Maret | 12.00 WIB
Penyerahan Berkas Tahap 1 (bit.ly/wisudaamikom)

27 – 29 Maret | 14.00 WIB
Pendaftaran Wisuda Tahap 2 (Yudisium Maret)

27 – 30  Maret | 12.00 WIB
Penyerahan Berkas Tahap 2 (bit.ly/wisudaamikom)

15 – 22 Mei 2023
Acara Career Days (offline)

 23 Mei 2023
Pelepasan Wisuda (Farewell Party & Pembagian Kartu Kejala)

24 Mei | 08.00 WIB
Pengambilan Toga

26 Mei | 13.00 WIB
Gladi Resik Wisuda  (Grand Pacific Convention Hall)

27 Mei | 07.00 WIB
Prosesi Wisuda (Grand Pacific Convention Hall)

“Terdapat rangkaian kegiatan CAREER DAYS yang diselenggarakan oleh BPC meliputi Seminar Karir, Ultimate Career Class, Mini Job Fair dan Pelepasan Wisuda. Detail infomasi menyusul digrup telegram

Follow Instagram
Q&A Seputar Wisuda Univeritas Amikom Yogyakarta

WAJIB UNTUK DIKETAHUI

FAQ Seputar Wisuda

Pelaksanaan Wisuda dilaksanan Secara OFFLINE di Grand Pacific Convention Hall

Pendaftaran Wisuda Bersifat Wajib Sebagai Prasyarat Untuk Mengambil Ijazah.

Data judul TA / Skripsi yang ada di form wisuda bukan data update terbaru. untuk judul terupdate yang akan tampil diijazah berdasarkan ada di SKL. Untuk melihat SKL bisa menghubungi DAAK.

Ijazah yang di keluarkan perguruan tinggi termasuk Amikom berdasarkan data yang terdapat di IJAZAH SMA

Toga Wisuda merupakan Baju Kebesaran jadi secara size juga di buat over. berikut ini ukuran standard toga wisuda amikom

Setiap Wisudawan akan mendapatkan satu E-Invitation (undangan pendamping wisuda) yang berlaku untuk dua orang yaitu Kedua Orang Tua atau Wali.

  1. E-Invitation memiliki QR yang berbeda antara satu dengan yang lain.
  2. E-Invitation akan di kirimkan via email dalam bentuk Soft File / PDF melalui email mahasiswa
  3. E-Invitation untuk pendamping Wajib Untuk Di Print / Dicetak dengan kertas yang baik (QR CODE JELAS)
  4. E-Invitation Wajib dibawa Oleh Kedua Orang Tua / Wali pada saat datang lokasi wisuda (jam datang dan pintu masuk antara wisudawan dan orang tua berbeda)
  5. Sebelum masuk ruangan orangtua akan melakukan presensi kehadiran dengan menggunakan E-Invitation yang telah di cetak dengan metode SCAN QRCODE.
  6. Lupa Membawa E-Invitation / Data Tidak Sesuai misal print punya teman dll maka orangtua / wali tidak di izinkan untuk masuk

Untuk Pelaksanaan Wisuda Offline Wajib Untuk Membayar wisuda karena menjadi prasyarat untuk mendapatkan approval dari bagain DPK (Keuangan)

Pembayaran biaya wisuda bisa melalui Teller Bank, Internet Banking dan Mobile Banking dan WAJIB menggunakan VIRTUAL ACCOUNT yang terdapat di aplikasi amikom one atau Dashboard Mahasiswa

Ketika seorang mahasiswa belum lulus yudisium dan belum masuk periode pendaftaran Wisuda tetapi sudah terjadi pergantian semester maka status mahasiswa menjadi Nonaktif. Jika Nonktif maka tidak bisa mendaftar Wisuda. (Karena tinggal yudisum untuk mengkatifkan status mahasiswa tidak perlu membayar SPP cukup membayar biaya Her Registrasi)

Selama bisa melakukan pendaftaran wisuda maka tidak perlu membayar biaya her registrasi wisuda

Untuk saat ini belum bisa mendaftar karena syarat mendaftar wisuda adalah Lulus Yudisium Final (Tahap 2).

Sambil menunggu pengumuman Yudsium ada beberapa hal yang bisa dilakukan lebih awal

  1. Membaca, mencermati dan memahami Panduan Wisuda
  2. Membaca dan mencermati informasi yang ada di amikom.my.id
  3. Gabung ke grub telegram dan follow instagram @wisudaamikom
  4. Jika panduan wisuda terbaru telah dipublikasikan, bisa mulai dari mendaftar account career di career.amikom.ac.id
  5. Jika panduan wisuda terbaru telah dipublikasikan, bisa mulai melakukan pembelian buku
  6. Untuk yang lainya bisa dilengkapi setelah melakukan pendaftaran wisuda

Bagi calon wisudawan yang tidak bisa menghadiri ceremonial wisuda secara offline mungkin sudah bekerja di luar daerah atau ada kendala lainya

  1.  Tetap mendaftar wisuda dan melengkapi persyaratan sampai mendapatkan semua approval (checklist) agar bisa memperoleh ijazah
  2. Mengisi form izin yang akan informasikan mendekati acara gladi bersih wisuda.

Pada saat diminta untuk melakukan pengisian data alamat lengkap baik bisa diisi dengan alamat sesuai KTP atau KK

Acara prosesi wisuda dimulai jam 07.00 WIB. Panita tidak akan menunggu peserta yang terlambat hadir, jadi pastikan untuk hadir secara ontime.

Acara careerdays sangat dianjutrkan untuk diikuti terutama bagi calon wisudawan yang belum bekerja.

FAQ E-Invitation

Bagi peserta wisuda yeng menginginkan e-invitation tambahan karena jumlah pendamping untuk ingin mengikuti lebih dari 2 orang maka kami berikan kesempatan untuk melakukan pembelian undangan tambahan tersebut adapun ketentuanya sebagai berikut:

  • Pembelian dilakukan secara tunai melalui DPK (Direktorat Keuangan Gedung Unit 4 Lantai 2)
  • Harga E-Invitation 180.000 untuk setiap pendamping
  • Setiap peserta wisuda dibatasi hanya boleh membeli 2 E-Invitation (tentatif)
  • E-Invitation akan dikirimkan Via Email students
  • Tempat duduk bagi pendamping tambahan akan terpisah denga pendamping reguler yaitu duduk di kursi barisan belakang
  • kuota e-invitation tambahan dibatasi hanya 112 perhari wisuda (sementara masing-masing dihari sabtu dan minggu)
  • Pembelian dapat dilakukan mulai tanggal (informasi update di grup telegram)
  • Bagi yang terkendala datang untuk pembelian boleh diwakilkan

Informasi Order dapat mengubungi

E-Invitation merupakan undangan barcode unik yang digunakan oleh pendamping wisuda (orangtua atau wali) untuk measuki ruangan wisuda. Undangan ini wajib untuk dibawa sebagai tiket untuk discan dan diperkenankan masuk ke ruangan ceremonial wisuda. Semua peserta wisuda periode 84 mendapatkan E-Invitation berlaku untuk 2 orang (orang tua atau wali) yang sudah include biaya wisuda.

Setiap Wisudawan akan mendapatkan satu E-Invitation (undangan pendamping wisuda) yang berlaku untuk dua orang yaitu Kedua Orang Tua atau Wali.

  1. E-Invitation memiliki BARCODE yang berbeda antara satu dengan yang lain.
  2. E-Invitation akan di kirimkan via email dalam bentuk Soft File / PDF melalui email mahasiswa
  3. E-Invitation untuk pendamping Wajib Untuk Di Print / Dicetak dengan kertas yang baik (BARCODE JELAS)
  4. E-Invitation Wajib dibawa Oleh Kedua Orang Tua / Wali pada saat datang lokasi wisuda (jam datang dan pintu masuk antara wisudawan dan orang tua berbeda)
  5. Sebelum masuk ruangan orangtua akan melakukan presensi kehadiran dengan menggunakan E-Invitation yang telah di cetak dengan metode SCAN QRCODE.
  6. Lupa Membawa E-Invitation / Data Tidak Sesuai misal print punya teman dll maka orangtua / wali tidak di izinkan untuk masuk

Alur Orang Tua / Wali Wisudawan

  1. Berangkat dan Datang Lebih Awal (Menghindari Padatnya Lalulintas)
  2. Memasuki Antrian (Akan diarahkan oleh security)
  3. Melakukan Scan Peduli Lindungi / Menunjukan Kartu Vaksin
  4. Melakukan Presensi Barcode dengan menununjukan E-invitation yang telah dicetak
  5. Memasuki Ruangan Sesuai No Kursi (akan dipandu oleh panitia)

Untuk vaksin terkait dengan calon wisudawan maupun orang tua atau wali wisuda diusahakan sudah vaksin dosis ke 3,  jika memang tidak bisa vaksin, maka harus menyertakan surat keterangan dari dokter.

E-Invitation atau undnagan pendamping wisuda baik reguler akan di bagikan melalui email student bersamaan dengan jadwal pembagian toga.

sedangkan untuk undangan tambahan akan dikirimkan pada saat gladi resik wisuda.

FAQ Pengambilan Toga

Pengambilan Toga Wisuda Periode 86 dilaksanakan pada hari Rabu 24 Mei 2023 di Ruang Citra 2

Jadwal 09.00 – 12.00 WIB
– S2 Pascasarjana
– Fakultas Ilmu Komputer
– Fakultas Sains & Teknologi
– Fakultas Ekonomi & Sosial

Jika pada jadwal pengambilan toga tidak bisa datang untuk mengambil maka bisa diwakilkan dengan menunjukan surat kuasa

  1. Untuk surat kuasa pengambilan toga tidak ada format khusus (tidak disediakan template). 
  2. Surat Kuasa Wajib dicetak (asli bukan fotocopy)
  3. Wajib menggunakan materai dan Tandatangan
  4. Lampirkan fotocopy tanda pengenal (KTM / KTP) kedua belah pihak (Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa) 

Download Contoh Surat Kuasa

Jika tidak bisa mengambil toga pada jadwal yang telah ditentukan alternatifnya yaitu

  • Diluar jadwal tersebut toga dapat diambil dilokasi gladi resik

Untuk set toga sudah masuk kedalam biaya wisuda jadi menjadi hak milik dari peserta wisuda. yang akan didapatkan pada saat pembagian meliputi

  • Baju Toga
  • Topi Toga
  • Samir / Medali Sesuai Fakultas
  • Souvenir
  • Nametag
  • Slempang Cumlaud (Bagi yang Cumlaude)
  • Kerah ( Untuk Pacasarjana)

FAQ Gladi Resik & Prosesi Wisuda

Gladi Resik merupakan acara persiapan, penjelasan dan simulasi wisuda agar prosesi hari H dapat berjalan dengan lancar. semua peserta sebaiknya datang (wajib) agar tidak bingung saat nanti acara hari H (Seperti mengetahui lokasi Blok dan Tempat dukuk, juga urutan baris)

Jadwal Gladi Resik
Jum’at. 26 Mei 2022 pukul 13.00 WIB di Grand Pacific Convention Hall
Jalan Magelang KM. 4,5 (Depan TVRI)

Estimasi Waktu Gladi Resik : 13.00 WIB – 16.00 WIB

Prosesi Wisuda Periode 86 akan dilaksanakan pada hari Sabtu 27 Mei 2023 di Grand Pacific Convention Hall. Jalan Magelang KM. 4,5 (Depan TVRI)

Acara Prosesi Wisuda akan dimulai Pukul 07.00 WIB. sebelum mulai peserta akan dibariskan tersebih dahulu kemudian akan memasuki ruangan wisuda secara bersamaan. Tidak ada toleransi ketrelambatan atau pengulangan dalam rundowan acara, bagi yang terlambat akan ditinggal.

Dibawah ini Contoh video prosesi masuk keruangan

Persiapan yang harus dulakukan oleh peserta wisuda

  1. Berangkat dan Datang Lebih Awal (Menghindari Padatnya Lalulintas)
  2. Menuju Lokasi Kumpul Peserta di Lantai 2
  3. Melakukan Scan Peduli Lindungi
  4. Melakukan Presensi Barcode
  5. Masuk ke barisan sebelum bersama ke ruangan

Ketentuan Dresscode Prosesi Wisuda

  1. Mengenakan Toga Yang Telah Dibagikan
  2. Untuk Putra dipadukan dengan Kemeja Putih, Celana Hitam, Sepatu Pantofel dan Dasi Berwarna Gelap
  3. Untuk Putri bisa dipadukan dengan baju adat atau atasan putih dan bawahan hitam.
  4. Peserta Putri diharapkan menggunakan sepatu dan bawahan yang memudahkan dipakai berjalan karena waktu prosesi akan naik tangga kepanggung dan agak jauh jaraknya)
  5. Tidak diperkenankan membawa tas (karena akan dibariskan lebih dahulu)

Informasi Berkaitan dengan E-Invitation

  1. E-Invitation akan dikirimkan ke-email peserta wisuda maksimal saat gladi resik. 
  2. Wajib dicetak dan dibawa oleh orangtua atau wali
  3. Untuk digunakan sebagai presensi masuk
  4. Data barcode antara satu E-Invitation dengan yang lain berbeda

Alur Orang Tua / Wali Wisudawan

  1. Berangkat dan Datang Lebih Awal (Menghindari Padatnya Lalulintas)
  2. Memasuki Antrian (Akan diarahkan oleh security)
  3. Melakukan Scan Peduli Lindungi / Menunjukan Kartu Vaksin
  4. Melakukan Presensi Barcode dengan menununjukan E-invitation yang telah dicetak
  5. Memasuki Ruangan Sesuai No Kursi (akan dipandu oleh panitia)

Prosesi wisuda akan selesai antara pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB tergantung banyaknya peserta yang melakukan prosesi wisuda

Karena masih situasi pandemi maka lokasi akan disterilisasikan dan tidak ada ruang tunggu di luar lokasi. yang diperkenankan memasuki area hanya peserta wisuda dan 2 orang tua atau wali. 

Bagi peserta wisuda yang tidak bisa mengikuti prosesi wisuda (dipastikan tidak hadir) bisa mengisi link ijin berikut ini (mulai dibuka H-1 Wisuda)

https://bit.ly/izinwisuda

FAQ Pendaftaran & Approval

Terdapat Dua Kemungkinan Kenapa Belum Bisa Mendaftar Wisuda di Menu Dashboard

  1. Karena Status Mahasiswa Belum Lulus Yudisium Final Tahap 2
  2. Karena Belum Masuk Periode Pendaftaran Wisuda

Proses Aproval dilakukan manual oleh panitia wisuda dibagian tersebut dengan mengecek satu persatu data. Tunggu maksimal 2×24 jam di hari dan jam kerja. Jika masih belum mendapatkan approval bisa menghubungi Hotline pada bagian terkait

Bagi calon wisudawan yang sebelumnya pernah mendaftar akun career.amikom.ac.id, berikut ini ada beberapa ketentuan

  1. Jika mendaftar akun career sebelumnya saat status sebagai mahasiswa maka tidak perlu mendaftar lagi cukup merubah di profil statusnya dari mahasisw a menjadi alumni dan melengkapi sesuai dengan panduan.
  2. Jika mendaftar career pada waktu D3 dan Sekarang untuk keperluan wisuda S1 atau mendaftar career waktu dulu S1 dan sekarang untuk wisuda S2 maka WAJIB mendaftar lagi menggunakan NIM yang baru

Ketentuan Foto yang di upload pada waktu wisuda sama dengan ketentuan foto yang di upload pada waktu Yudisium.

Bisa ditempelkan Foto Secara Manual Pada Berkas Kemudian di Scan Berkasnya, jangan lupa tandatangan di atas materai ya.

Pengisian data hanya bisa dilakukan satu kali dan tidak bisa di edit. pastikan data sudah benar sebelum di submit sebelum di submit

FAQ IJAZAH

Pengumuman resmi jadwal pembagian ijazah melalui web daak.amikom.ac.id (Ijazah diluar wewenang panitia wisuda)


Informasi yang tepat dan akurat untuk pembagian ijazah bisa menghubungi Hotline ijazah DAAK atau bisa melalui Channel Telegram Yudisium.

Bisa di wakilkan dengan surat kuasa atau bisa mengambil di luar jadwal langsung di DAAK

Kalau lewat 3 hari dari jadwal pengambilan ijazah, maka ijazah tetap bisa di ambil tapi nanti misal di ijazah ada kesalahan tidak bisa dicetakan yg baru. Cuman dapat surat ralat saja.

Pembagian ijazah berdasarkan periode yudisium bukan periode wisuda.

Cek di website DAAK.

Karena waktu jadi mahasiswa belum melengkapi misal data profil dll (ini salah satu penyebab Kenapa ijazah prosesnya menjadi lama. Ketika ada salah satu yg kurang maka akan menghambat keseluruhan di periode yudisium tersebut)

Cukup membawa diri dalam keadaan sehat lahir dan batin.

Jika ada kelangkapan yang belum diambil sesuai jadwal bagaimana?

Untuk kelengkapan seperti Toga, Kartu Kejala, Name Tag pengabilan bisa diwakilkan atau di ambil pada waktu gladi resik.

Bagi yang ijin tidak ikut prosesi pengambilan bisa sekalian dengan jadwal pengambilan toga (toga di kerumahtanggan, Kartu Kejala di ruang kejala)

SOSIALISASI WISUDA PERIODE 86

KAPAN IJAZAH AKAN DIBAGIKAN?

Pengumuman resmi jadwal pembagian ijazah melalui web daak.amikom.ac.id Informasi yang tepat dan akurat untuk pembagian ijazah bisa menghubungi Hotline ijazah DAAK atau bisa melalui Channel Telegram Yudisium.